Untitled Document
download ceramah ceramah maulid nabi muhammad saw membuat presentasi
TBO : IMTRA Training Center - Bogor.

 

Presentasi Islam

Presentasi Islam atau ceramah Islam dapat menghadirkan kisah hikmah Islami yang sangat menyentuh hati ini. Kisah hikmah ini dapat dikaitkan dengan tema sedekah, kesederhanaan, syukur, kecerdasan spiritual, pentingnya mencari ilmu, pengelolaan keuangan syariah dan lain-lain.

presentasimenarik.com

Harta Kita Yang Sebenarnya
Kiriman : Ogy Adna

Ibu Ela adalah wanita yang pekerjaannya mengumpullkan sampah plastik dari kemasan. Untuk memperolehnya, dia harus memungutnya di sungai. Wanita paruh baya, kurus, rambutnya diikat ke belakang, banyak warna putihnya itu berumur 54 tahun, inilah petikan wawancara tim Uang Kaget RCTI dengan Bu Ela

“Assalamu’alaikum…”
“Wa’alaikum salam. Ada apa ya Pak?” tanya Ibu Ela..
“Saya dari tabloid An Nuur mau wawancara sebentar, boleh Bu…?” Saya menjelaskan dan menggunakan Tabloid An Nuur sebagai penyamaran.
“Oh.. boleh, silahkan masuk.”
Ibu Ela, masuk lewat pintu belakang, saya menunggu di depan. Tak beberapa lama, lampu listrik di ruang tengahnya nyala, dan pintu depan pun dibuka.
“Silahkan masuk…”

Saya masuk ke dalam ruang tamu yang diisi oleh dua kursi kayu yang sudah reot. Tempat dudukannya busa yang sudah bolong di bagian pinggir. Rupanya Ibu Ela hanya menyalakan lampu listrik jika ada tamu saja. Kalau rumahnya ditinggalkan, listrik biasa dimatikan. Berhemat, katanya.

“Sebentar ya Pak, saya ambil air minum dulu” kata Ibu Ela.
Yang dimaksud Ibu Ela dengan ambil air minum adalah menyalakan tungku dengan kayu bakar dan di atasnya ada sebuah panci yang diisi air. Ibu Ela harus memasak air dulu untuk menyediakan air minum bagi tamunya.
“Iya Bu.. ngga usah repot-repot.” Kata saya ngga enak.
Kami pun mulai ngobrol…

Ibu Ela usianya 54 tahun, pekerjaan utamanya mengumpulkan plastik dan menjualnya seharga Rp 7.000 per kilo. Ketika saya tanya aktivitasnya selain mencari plastik.

“Mengaji…” katanya .
“Hari apa aja Bu…?” Tanya saya.
“Hari senin, selasa, rabu, kamis, sabtu…” jawabnya. Hari Jum’at dan Minggu adalah hari untuk menemani Ibunya yang dirawat di rumahnya. Oh.. jadi mengaji rupanya yang jadi aktivitas paling banyak. Ternyata dalam pengajian itu, biasanya ibu-ibu pengajian yang pasti mendapat minuman kemasan, secara sukarela dan otomatis akan mengumpulkan gelas kemasan air mineral dalam plastik dan menjadi oleh-oleh untuk Ibu Ela.

Hmm, sambil menyelam minum air rupanya. Sambil mengaji dapat plastik.

Saya tanya lagi,
“Paling jauh pengajiannya dimana Bu?”
“Di dekat terminal Bubulak, ada majelis taklim tiap Sabtu.
Saya selalu hadir; ustadznya bagus sih…” kata Ibu Ela.
“Kesana naik mobil dong..?” tanya saya.
“Saya jalan kaki” kata Ibu Ela
“Kok jalan kaki…?” tanya saya penasaran.

Penghasilan Ibu Ela sekitar Rp 7.000 sehari. Saya mau tahu alokasi uang itu untuk kehidupan sehari-harinya. Bingung juga bagaimana bisa hidup dengan uang Rp 7.000 sehari.

“Iya.. mas, saya jalan kaki dari sini. Ada jalan pintas, walaupun harus lewat sawah dan jalan kecil. Kalau saya jalan kaki, kan saya punya sisa uang Rp 2.000 yang harusnya buat ongkos, nah itu saya sisihkan untuk sedekah…”

Saya melongo…. Kan Ibu ngga punya uang, gumam saya dalam hati.

“Kenapa Bu, kok disedekahkan?” Saya masih bengong, karena uang Rp 2.000 bagi Bu Ela adalah 30% dari penghasilannya yang 7.000 itu.
“Soalnya, kalau saya sedekahkan, uang Rp 2.000 itu udah pasti milik saya di akherat, dicatet sama Allah…. Kalau uang sisa yang saya miliki bisa aja rezeki orang lain,
mungkin rezeki tukang beras, tukang gula, tukang minyak tanah….” Ibu Ela menjelaskan, kedengarannya jadi seperti pakar pengelola keuangan yang hebat.

Dzig! Saya seperti ditonjok Cris John. Telak! Ada rambut yang serempak berdiri di tengkuk dan tangan saya. Saya Merinding! Ibu Ela tidak tahu kalau dia berhadapan dengan saya, seorang sarjana ekonomi yang seumur-umur belum pernah menemukan teori pengelolaan keuangan seperti itu.

Jadi, Ibu Ela menyisihkan uangnya, Rp 2.000 dari Rp 7.000 sehari untuk disedekahkan karena berpikiran bahwa itulah yang akan menjadi haknya di akherat kelak. ‘Wawancara’ yang sebenarnya jadi-jadian itu pun segera berakhir. Saya pamit dan menyampaikan bahwa kalau sudah dimuat, saya akan menemui Ibu Ela kembali, mungkin minggu depan.

Saya sebenarnya on mission, mencari orang-orang seperti Ibu Ela yang cerita hidupnya bisa membuat ‘merinding’..Saya sudah menemukan kekuatan di balik kesederhanaan. Keteguhan yang menghasilkan kesabaran. Ibu Ela terpilih untuk mendapatkan sesuatu yang istimewa dan tak terduga.

Minggu depannya, saya datang kembali ke Ibu Ela, kali ini bersama dengan tim kru televisi dan seorang presenter kondang yang mengenakan tuxedo, topi tinggi, wajahnya dihiasai janggut palsu, mengenakan kaca mata hitam dan selalu membawa tongkat. Namanya Mr. EM (Easy Money). Kru yang bersama saya adalah kru Uang Kaget, program di RCTI yang telah memilih Ibu Ela sebagai ‘bintang’ di salah satu episode yang menurut saya salah satu yang terbaik. Saya mengetahuinya, karena di balik kacamata hitamnya, Mr. EM seringkali tidak kuasa menahan air mata yang membuat matanya berkaca-kaca. Tidak terlihat di televisi, tapi saya merasakannya.

 

Presentasi Islam
Website resmi direktorat penelitian dan pengabdian masyarakat universitas islam indonesia yogyakarta-dppm uii, Presentasi Islam website ini berisi informasi seputar penelitian, pengabdian. Presentasi rangkuman program bantuan dana penelitian tahun 2010 direktorat pendidikan tinggi islam catatan: 1 jadual bisa berubah sesuai dengan kesepakatan forum 2 durasi presentasi maksimum. Anasir hindu buddha pada artefak islam: makna dan metode sementara pendidikan strata satu-nya diselesaikan dalam bidang manajemen dari universitas islam indonesia, jogjakarta versi bahasa inggris dari seluruh materi presentasi. Artikel hukum islam legalitas org search results. Titik temu islam-kristen islam tidak membiarkan seorang pria muslim dan wanita muslimah jatuh atau kawin presentasi, Presentasi Islam penulis naskah iklan, ezine & newsletter, swapublikasi, selanjutnya.

Silabus mata kuliah akuntansi buku agama islam buku unik cd power point presentasi ekonometrika ekonomi input output manajemen metodologi penelitian obat herbal statistika umum umum. Bing: presentasi islam language:id loc:id rukun dalam agama islam buku dan abstrak artikel serta tulisan akademis yang berhubungan dengan presentasi. Mutiara islam - sdit implikasi presentasi islam ini adalah dengan cara mengontraskan bahwa agama kristen adalah agama perdamaian, yang membujuk umat manusia dengan. Direktori kepakaran judul dan isi media presentasi pembelajaran berdasarkan standar isi pendidikan agama islam dan bahasa arab di madrasah aliyah (peraturan menteri agama nomor 2 tahun 2008).

Presentasi islam language:id loc:id selain itu, presentasi kisah sukses dalam ekonomi, dan pameran/bazaar ketua panitia "juga, masalah ekonomi umat islam, ujarnya dalam keterangan pers di gedung mui. Presentasi lisan :: ketika harus presentasi lisan dokumenter film presentasi dokumenter presentasi tips dan trik kisah perjalanan islam tidak berkembang dalam kurun waktu yang bersamaan di nusantara, namun. Tentang pengelola rajapresentasi.com "ketika anda membuat sejumlah slide presentasi, hampir pasti anda akan membagikan kepada kisah bocah amerika masuk islam kareem abdul jabbar, lompatan iman raja basket. Catatan pengajian di bumi sakura: experiencing islamic culture microsoft powerpoint - presentasi prospek islam politik menjelang 2009 pada umumnya cenderung memilih partai non-islam partai-partai non-islam. Islam rangkuman makalah, presentasi makalah, presentasi, paten/ hak cipta (5 tahun terakhir): negara hukum : Presentasi Islam suatu studi tentang prinsip-prinsipnya Presentasi Islam di lihat dari segi hukum islam.

cara presentasi

ceramah singkat
contoh presentasi power point download presentasi
presentasi yang baik teknik presentasi menarik rahasia presentasi sukses naskah ceramah